Bappeda Kota Padang Sidempuan selenggarakan Musrenbang RKPD 2023

Padang Sidempuan, 22 Maret 2022 – Bappeda Kota Padang Sidempuan selenggarakan Musrenbang RKPD 2023, acara dibuka langsung oleh Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution yang bertempat di Emeral Hall, Mega Permata Padang Sidempuan, dengan Thema “Pemantapan Kota Padang Sidempuan Yang Berkarakter, Bersih, Aman, dan Sejahtera“.

Musrenbang RKPD Tahun 2023 di ikuti oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, Ir. H. Ardan Noor Hasibuan, MM, Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan, para Wakil Ketua DPRD Kota Padang Sidempuan, Forkopimda Kota Padang Sidempuan, Kepala Bappeda Daerah tetangga, Sekdakot, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Pimpinan OPD, Para Kabag, dan Camat se- Kota Padang Sidempuan, serta pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, Kepala UPTD Provinsi Sumut, pimpinan perguruan tinggi, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, dan undangan lainnya.

Musrenbang RKPD Kota Padang Sidempuan Tahun 2023 diselenggarakan sebagai forum pertemuan antar pemangku kepentingan, yang bertujuan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi serta menyepakati Rancangan RKPD Kota Padang Sidempuan Tahun 2023.

Adapun Output ataupun keluaran dari penyelenggaraan Musrenbang ini adalah ditandatanganinya berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RKPD Kota Padang Sidempuan Tahun 2023 oleh unsur yang memangku kepentingan.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution dalam arahannya menyampaikan penyelenggaraan kegiatan Musrenbang ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution melanjutkan, meski kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, Ia berharap perhatian dan kesungguhan seluruh pemangku kepentingan untuk menyadari akan pentingnya tahapan Musrenbang ini dalam sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Kota secara keseluruhan.

Musrenbang tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-5 atau tahun terakhir dari RPJMD Kota Padang Sidempuan Periode 2019-2023,” ucap Wali Kota.

Untuk itu, Wali Kota Padang Sidempuan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kota Padang Sidempuan yang hal tersebut dijadikan dasar dalam penentuan program, kegiatan dan sub kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Sidempuan juga mengingatkan kemampuan Pemkot Padang Sidempuan baik dari sisi manajerial, aspek sumber daya manusia, maupun kemampuan penganggaran sangat terbatas, sementara kegiatan pembangunan yang harus didanai menggunakan APBD jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu Walikota meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mencermati dan menentukan program kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan.

Pendekatan kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan Kota Padang Sidempuan, serta penguatan esentralisasi pembangunan kewilayahan dan program-program inovatif untuk membangun Kota Padang Sidempuan, harus terus diperkuat, untuk mewujudkan visi dan misi Kota Padang Sidempuan yang Bersinar (Berkarakter, Bersih, Aman dan Sejahtera).

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *