Sebanyak 14 OPD di Kota Padang Sidimpuan Lolos Inovasi Daerah

Padangsidimpuan, 25 Agustus 2022

Pemerintah Kota Padang Sidimpuan melalui (Baplitbangda) Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah menggelar lomba inovasi untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di wilayah Kota Padang Sidimpuan.

Kepala Baplitbangda Kota Padang Sidimpuan M Jusar diwakilkan Kabid Baplitbangda Guswan Arisandi,SE.MM menjelaskan kegiatan lomba inovasi daerah yang diselenggarakan tahun 2022, sedang berjalan, pada tahun kemarin di 2021 sudah kita laksanakan juga.

“Tujuan inovasi ini bagaimana kita, mendorong perangkat daerah supaya berinovasi dan mampu mempertahankan nilai indeks inovasi daerah yang tertuang surat keputusan Kemendagri Menteri Dalam Negeri yang dalam dua tahun terakhir ini , sudah mendapatkan predikat inovatif artinya perangkat daerah itu harus bisa berinovasi ,”jelas Guswan kepada wartawan, di Aula BKD Pijor Koling Kota Padang Sidimpuan, Rabu (24/8/2022).

Guswan mengungkapkan inovasi apa saja yang dilakukan untuk OPD. Pertama inovasi tata kelola pemerintahan, Kedua inovasi pelayanan publik, dan terakhir inovasi lainnya itu, artinya sesuai kewenangan pemerintah daerah.

“Pada bulan Maret tahun 2022 sudah kita laksanakan sosialiasi kepada para OPD untuk yang mengikuti lomba inovasi daerah, ada sebanyak 35 OPD di Kota Padang Sidimpuan itu sudah termaksud bagian kecamatan, tapi yang lolos hanya 14 OPD itu sudah tahapan wawancara dan presentasi nya,”terang Guswan.

Selanjutnya 14 OPD yang lolos itu, akan diseleksi lagi pihak dewan juri untuk mendapatkan predikat juara I ,II dan III, OPD akan menjalani kunjungan lapangan sesuai juknis inovasi yang sudah kita sampaikan.

“Jadi untuk penguguman juara inovasi daerah itu, akan laksanakan HUT Pemkot Padang Sidimpuan yang ke 21 , tanggal 17 Oktober tahun 2022, hadiahnya akan langsung diserahkan kepala daerah oleh Wali Kota Padang Sidimpuan Irsan Efendi Nasution,”tutupnya.

About the author